Rabu, 31 Mac 2010

Keselamatan Bermula dari anda

Kemalangan di Drydock World Graha
On 6th March 2010, there was a serious accident at one of the 'drydocks world' facility situated in batam. 1 worker died on the spot while 2 others are in critical condition at one of the island's hospital. incident details as per below:
- At 07.45 hrs 3 workers were opening a pipeline outlet blank unaware of the pressure inside.
- Air test had been done some time back and 1200 bars of pressure was inside the pipeline. And the pipeline had not been bleed off the pressure.
- There were no LOTO or warning signs in place on the pipeline.
- Release valves were not checked by the workers for pressure inside.
- The worker unbolted the blank when it flew off and hit the 3 right in the face.
- 1 worker died instantaneously, while another 2 sustained serious injuries.

Sebenarnya banyak perkara yang boleh kita pelajari dari kemalangan yang berlaku kat atas. Aku perhatikan kat loji aku bahagian maintenance (Mechanical, Instrument dan Electrical) kadang kala terlalu bergantung kepada bahagian Proses untuk memastikan keselamatan mereka. Langkah berjaga2 biasanya tidak diambil untuk memastikan yang persekitaran atau tempat kerja bakal dilakukan mereka telah BENAR2 SELAMAT. Bagi aku cerewet atau curiga akan keselamatan adalah sesuatu yang baik kerana apabila kejadian seperti diatas berlaku segalanya sudah terlambat. Jika anda tidak yakin akan keselamatan anda terjamin bagi melakukan tugasan tersebut; JANGAN LAKUKAN.

Pos yang aku rasakan menarik untuk dikongsikan:

From: rio.hend...@akersolutions.com ...@akersolutions.com>
Subject: RE: [Oil&Gas] RE: (HSE ) Drydock Graha Accident
To: Migas_Indone...@yahoogroups.com
Date: Friday, March 26, 2010, 10:17 AM


Informasi, test dilakukan di atas kapal, berdasarkan
laporan bahwa test presure mencapai 1200 Bar, maka sudah semestinya di sekitar
area test musti diberikan pita baricode, akan lebih baik lagi kalau diberikan
lampu warning. Karena test dilakukan saat malam hari. Mungkin ada lagi yang mau
menambahkan siapa tahu bermanfaat bagi pihak DD ( siapa tahu ada karyawan DD
yang ikut millist ini )

Yang terpenting, share informasi harus jelas, karena ada
pergantian shift yang mana akan banyak orang datang sebelum tahu kondisi
terakhir di lapangan.
Sepertinya karena didesak dead line penyelesaian pekerjaan
yang semakin mendesak ( atau mungkin sudah terlambat ) menyebabkan para
foreman/leader di area tersebut terburu-buru dalam bekerja tanpa mencari
informasi lebih lanjut tentang status terakhir process testing
tersebut.

Regards
Rio


Tiada ulasan: